FAQ


Apa Artinya Lingkaran Pembukaan?

Sikap awal dan akhir melambangkan posisi/kondisi siap mental dan fisik dalam menjalani latihan.

  • Tangan kanan terbuka di depan dada kiri, artinya mengikuti latihan dengan tulus dan percaya menerima bimbingan dan arahan dari pelatih.
  • Tangan kiri tegak lurus mengarah ke atas, artinya dengan jujur dan tulus hati menjunjung tinggi nilai-nilai persaudaraan.
  • Sikap membungkuk artinya di lima benua dan empat penjuru dunia, kita adalah saudara atas dasar saling menghormati.

Pembukaan jalan panjang diartikan sebagai etika perguruan dan adat sopan santun memasuki ruangan khusus.  Dengan melakukan pembukaan dan penutupan, menunjukan kekhasan jalan panjang agar dilakukan secara fokus, konsentrasi, meditatif, tidak mengijinkan diri kita diganggu hal-hal lain. Karena ruangan itu adalah jiwa kita.

 

Lingkaran Pembukaan Kenapa Mundur 3 Langkah?

Bertujuan agar setiap siswa dapat melakukan sikap pembukaan dan penutupan latihan dengan nyaman. Ditinjau dari pengaruh batas manusia (kulit dan aura), ukuran mundur 3 langkah adalah jarak yang tidak terlalu jauh dan tidak terlalu dekat. Jika terlalu jauh, tidak terjadi persatuan aura lingkaran. Jika terlalu dekat, posisi setiap siswa tidak nyaman.

Sebetulnya hitungan 3 langkah bukan patokan. Pelatih boleh melakukan penyesuaian tergantung dari ruangan dan jumlah siswa yang berlatih. Sebagai contoh, disaat ujian kenaikan tingkat. Dalam ruangan terbatas, boleh mundur satu langkah saja.

 

Mengapa Lambang Ada di Dada Kiri?

Lambang di dada kiri karena di situ terletak jantung hati.

Bahwa lambang perguruan bukan sekedar gambar, tetapi tertanam kecintaan dalam hati setiap siswa, cinta terhadap gerak badan dan keilmuannya, terhadap persaudaraan di dalamnya.

 

Mengapa Sabuk Laki-Laki Di Kiri dan Perempuan Di Kanan?

Sistem silat PGB sangat memperhatikan keseimbangan dan perbedaan. Ada kanan, ada kiri. Selain itu, sistem pemakaikan sabuk juga menunjukan bahwa laki-laki dan perempuan memiliki perbedaan yang nyata. Antara lain dalam struktur tubuh, sifat dan karakter. Masing-masing harus berjalan sebagaimana alaminya. Pelatih harus mengerti perlakuan dalam latihan harus berbeda. Bahkan pada tahap tertentu, terdapat pembedaan jurus cara berlatihnya.

 

Apa dan bagaimana Soja/Salam Perguruan?

Simbol saling menghormati, silaturahmi.

Soja/Salam perguruan PGB Bangau Putih dilakukan dengan mempertemukan kedua telapak tangan di depan dada, sikap berdiri sempurna, tangan tidak menjinjing atau memegang benda apapun. Demikian juga yang membalas salam, melakukan hal yang sama.

Soja kepada Guru Besar, terutama pada saat acara perguruan adalah dengan posisi beesi ¾. Laki-laki menekuk kaki kiri, wanita menekuk kaki kanan.

(Copyright © 2015 PGB Bangau Putih)



BERIKAN KOMENTAR


dahulu untuk memberikan komentar

Masuk. Jika anda sudah mempunyai akun

 

KOMENTAR


Belum ada komentar, jadilah yang pertama memberikan komentar

Tentang Bangau Putih

Perguruan Silat Persatuan Gerak Badan (PGB) Bangau Putih berdiri sejak tanggal 25 Desember 1952. Pendiri adalah (alm) Suhu Subur Rahardja. Penerus sekarang adalah Guru Besar Gunawan Rahardja. Perguruan ini berpusat di Bogor, beralamat di Jl. Kebon Jukut No,1, Sukasari - Bogor 16142. ====================================== Persatuan Gerak Badan, (PGB) Bangau Putih, is a martial art school and community association that was founded in Bogor, West Java on December 25th, 1952 by the late Master Subur Rahardja or known as Suhu Subur. The Cent

PGB Bangau in English Selengkapnya

Info PGB Bangau Putih


Info Lainya

Berita Terbaru


Berita Lainya
Sen
Sel
Rab
Kam
Jum
Sab
Ming

Anggota Terbaru

Acep firmansyah
Adraidge
Adrian Dwiputra
AdrielarHairiurce
agus santoso
AKBAR SUKMA YUDA
AkinozilkreeHairiurce
AkirHairiurce
Alison Ray
amirsatiragani
AnarawieldHairiurce
andreas alexander
Andreycilla
Andy
Andytha Ramadhani Rachel
Anggono Wisnudjati
Anthonius Rahardja
Antonius Eko Puji Atmoko
AradwynHairiurce
ArazarHairiurce
ArcanefistHairiurce
Arthuromige