Keilmuan


KEILMUAN PGB BANGAU PUTIH

1. Silat

Silat memberikan berbagai macam pelatihan dan peluang pengembangan kepribadian diri yang baik untuk semua kalangan. Silat juga memberikan gerakan-gerakan untuk kesehatan. Dasar–dasar utama dari Silat PGB Bangau Putih adalah Memelihara Kepribadian, Patuh pada Kejujuran, Menjaga Sopan Santun (Keharmonisan), Mempertinggi prestasi diri, dan Kemampuan untuk Menguasai diri. Silat di dalam PGB Bangau Putih mempunyai gerakan yang selaras dan harmonis, gerakan-gerakan tersebut merupakan karakteristik dari Silat itu sendiri. Bentuk dari gerakan-gerakan silat PGB Bangau Putih memiliki kelembutan, bentuk tangkisan, serta teknik pukulan-pukulan yang meyakinkan. Dengan menguasai gerakan-gerakan silat tesebut tidak hanya berguna untuk bela diri atau pertahanan tubuh, tetapi juga berguna dalam kehidupan sehari-hari (seperti membangun mental dan menguasi emosi).

 

2. Tao Kung

Tao Kung berarti gerak untuk keharmonisan dan keselarasan. Taokung dikembangkan dari gerakan silat PGB Bangau Putih dan merupakan seni gerak badan untuk kesehatan. Gerak Tao Kung mengolah tenaga dan mengendapkan hawa yang bekerja simultan pada sistem pernapasan untuk keseimbangan kerja otak serta meridian. Tao Kung yang terdiri dari beberapa paket, dan masing-masing memiliki 9 gerak dan 3 pernapasan yang bersifat preventif. Banyak kasus kesehatan yang teratasi berkat latihan secara terus menerus, dan niat positif dari diri yang bersangkutan

 

3. Sam Po Kun

Mind, Body, Spirit merupakan bagian internal dalam diri manusia. Hanya dengan menyatukan ketiganya seseorang diandaikan bisa melaksanakan aktivitas dengan baik, bisa menyelenggarakan hidup dengan harmonis. Ada keseimbangan antara mind, body, spirit. Aktivitas mind, body, spirit secara maksimal dapat dilatih, latihan dilakukan lewat olah tubuh, guna membangunkan kesadaran atas semua yang terkait dan terkandung di dalamnya, dari sistem syaraf, urat, otot, organ, sampai pada pikiran (mind), dan semangat (spirit). Dengan integrasi ketiganya, yang berarti adanya keseimbangan dari diri kita, maka terselenggara pula harmoni antara diri kita dengan alam, dimana kita hidup. Kita bisa menyelanggarakan kehidupan dalam kewajaran, baik di lingkungan terkecil seperti keluarga, sampai pada lingkungan profesi dan lainnya atau lebih luas lagi lingkungan masyarakat.

PGB Bangau Putih membagikan pengenalan mind, body,spirit lewat pelatihan MBS. Pelatihan ini terbuka bagi semua kalangan, terutama bagi yang berusia 40 tahun ke atas. Instruktur terdiri dari para pelatih PGB Bangau Putih.

 

4. Meditasi

Definisi meditasi dalam keilmuan PGB Bangau Putih adalah suatu proses penenangan diri untuk mencapai pemahamanan mengenai diri itu sendiri (kewajaran).Terdapat 2 jenis meditasi di dalam PGB Bangau Putih, yaitu:

  • Meditasi dalam Gerak (dapat di temukan dalam Gerakan Tao Kung dan MBS)
  • Meditasi dalam keheningan (Meditasi untuk menemukan kewajaran)

 

(Copyright © 2015 PGB Bangau Putih)



Tentang Bangau Putih

Perguruan Silat Persatuan Gerak Badan (PGB) Bangau Putih berdiri sejak tanggal 25 Desember 1952. Pendiri adalah (alm) Suhu Subur Rahardja. Penerus sekarang adalah Guru Besar Gunawan Rahardja. Perguruan ini berpusat di Bogor, beralamat di Jl. Kebon Jukut No,1, Sukasari - Bogor 16142. ====================================== Persatuan Gerak Badan, (PGB) Bangau Putih, is a martial art school and community association that was founded in Bogor, West Java on December 25th, 1952 by the late Master Subur Rahardja or known as Suhu Subur. The Cent

PGB Bangau in English Selengkapnya

Info PGB Bangau Putih


Info Lainya

Berita Terbaru


Berita Lainya
Sen
Sel
Rab
Kam
Jum
Sab
Ming

Anggota Terbaru

Acep firmansyah
Adraidge
Adrian Dwiputra
AdrielarHairiurce
agus santoso
AKBAR SUKMA YUDA
AkinozilkreeHairiurce
AkirHairiurce
Alison Ray
amirsatiragani
AnarawieldHairiurce
andreas alexander
Andy
Andytha Ramadhani Rachel
Anggono Wisnudjati
Anthonius Rahardja
Antonius Eko Puji Atmoko
AradwynHairiurce
ArazarHairiurce
Artur BR
Aryo Rahadianto
BalladolbineHairiurce