Kie Lin


KIE LIN PGB BANGAU PUTIH – PELESTARIAN BUDAYA DUNIA

Beberapa kebudayaan unik di Bogor yang berhasil dipertahankan saat ini hanyalah Kie Lin. Itu pun dengan berbagai kerja keras yang harus ditempuh oleh para sesepuh Persatuan Gerak Badan (PGB) Bangau Putih. Perguruan silat ini berkali-kali memindahkan Kie Lin agar bisa bertahan. Bahkan, Kie Lin di Bogor setidaknya sudah tiga kali dibuat, awal tahun 1950, 1954 yang saat itu dibuat dari bahan terpal, dan yang terbaru adalah Kie Lin yang saat ini ada dan bertahan di Kebon Jukut. “Awalnya kita simpan di Gedong Dalam, terus pernah dua tahun di Pulasara, sampai akhirnya kini di Kebon Jukut,” cerita Gunawan Rahardja, pimpinan PGB Bangau Putih yang merupakan putra Subur Rahardja atau Lim Sin Tjoei. Subur pada jamannya dikenal sebagai inohong yang sangat berwibawa dan begitu lekat dengan kehidupan sosial dan masyarakat di Bogor.

Satu-satunya Kie Lin di seluruh Indonesia, hanya ada di Bogor, dihidupkan dan dilestarikan oleh anggota Persatuan Gerak Badan Bangau Putih. Tarian dan musik Kie Lin dapat dikatakan sangat langka dan khas serta tidak ada perguruan silat atau perkumpulan kesenian barong yang memiliki Kie Lin sebagai barongnya.

kielinDalam penyelenggaraan Cap Go Meh (15 hari setelah perayaan tahun baru Imlek) di Bogor, Kie Lin dipercaya mengawal rupang KongCo Ho Tek Ceng Sin, sekaligus menjadi pembuka kirab liong barong dan kesenian Bogor.  Kie Lin di masyarakat Bogor dianggap sebagai tuan rumah pada acara perayaan kirab Cap Go Meh yang diadakan oleh Yayasan Vihara Dhanagun, Bogor.

Kie Lin dan kemahiran silat merupakan satu kesatuan yang utuh. Oleh sebab itu, syarat bahwa pemain Kie Lin harus tetap melatih silatnya menjadi mutlak di perguruan PGB Bangau Putih. Dengan kata lain, pemeliharaan budaya Kie Lin merupakan kesatuan mutlak dengan pelatihan silat itu sendiri.



Tentang Bangau Putih

Perguruan Silat Persatuan Gerak Badan (PGB) Bangau Putih berdiri sejak tanggal 25 Desember 1952. Pendiri adalah (alm) Suhu Subur Rahardja. Penerus sekarang adalah Guru Besar Gunawan Rahardja. Perguruan ini berpusat di Bogor, beralamat di Jl. Kebon Jukut No,1, Sukasari - Bogor 16142. ====================================== Persatuan Gerak Badan, (PGB) Bangau Putih, is a martial art school and community association that was founded in Bogor, West Java on December 25th, 1952 by the late Master Subur Rahardja or known as Suhu Subur. The Cent

PGB Bangau in English Selengkapnya

Info PGB Bangau Putih


Info Lainya

Berita Terbaru


Berita Lainya
Sen
Sel
Rab
Kam
Jum
Sab
Ming

Anggota Terbaru

Acep firmansyah
Adraidge
Adrian Dwiputra
agus santoso
AKBAR SUKMA YUDA
Alison Ray
amirsatiragani
andreas alexander
Andy
Andytha Ramadhani Rachel
Anggono Wisnudjati
Anthonius Rahardja
Antonius Eko Puji Atmoko
Aryo Rahadianto
basem alasker
Baso Ahmahd
Benny Mustafa
bernadsatriani
Bettysoomo
bodi ruci
Bre
BrianPoive