Tradisi Perguruan


Adapun jalan hidup perguruan ini adalah mengutamakan rasa kemanusiaan, kasih sayang, dan persaudaraan untuk mencapai mental dan kepribadian yang luhur serta keseimbangan jiwa dalam melakukan kewajaran sebagai manusia seutuhnya yang selalu berusaha mendekatkan diri dengan Sang Pencipta, alam semesta, dan seluruh isinya.  

Perguruan Silat Persatuan Gerak Badan (PGB) Bangau Putih setiap tahun menyelenggarakan beberapa acara tradisi perguruan, antara lain;

1. Perayaan Imlek

Perayaan tahun baru Imlek diadakan setiap malam pergantian tahun baru Imlek. Perayaan ini selalu diadakan di rumah perguruan serta menjadi suatu tradisi yang tidak dapat ditinggalkan. Perayaan ini sebagai wujud syukur pada Tuhan YME atas berkah dan karunia yang telah diberikan pada kelangsungan perguruan dan anggota keluarga besarnya, juga sebagai silaturahmi dalam mempererat tali persaudaraan dan kebersamaan diantara anggota keluarga besarnya.

Semenjak tahun 2010, anggota rumah perguruan membuat kegiatan dengan sambil menunggu waktu upacara ritual perguruan, yaitu dengan mengadakan acara “Imlek Tempo Doeloe,” dengan menampilkan hiburan berupa Orkes Keroncong “Asmara”, binaan Perguruan Silat PGB Bangau Putih.

 

2. Peh Gwee Cap Go

Pertama kali perayaan malam Bulan Purnama di perguruan kita berlangsung di rumah Gg. Angbun No. 79, Bogor, tahun 1953. Pada masa itu, menyambut acara ini setiap murid  membawa satu batu bulat untuk diletakkan di meja altar. Batu yang disusun melingkar pada sebuah wadah itu membawa arti bahwa dalam setiap diri anggota terdapat rasa persaudaraan yang erat. Sedangkan batu bulat sebesar kelereng membawa arti dalam setiap diri anggota mempunyai kebulatan tekad untuk berlatih serius di PGB.

Acara ini adalah kegiatan intern perguruan yang diadakan setiap tanggal 15 (cap go) bulan ke delapan (peh gwee) menurut penanggalan Tionghoa. Pada bulan tersebut, (purnama) rembulan lebih besar dibandingkan tanggal 15 pada bulan-bulan lainnya.

Perayaan malam bulan purnama sejak tahun 1970 sampai sekarang, diadakan di Pusat Perguruan, Jl. Kebon Jukut No.1, Bogor. Persiapan menjelang perayaan tersebut sudah tampak sejak dua minggu sebelumnya. Dimulai dengan pengecatan tembok ruang latihan, rumah, pintu bangau, sampai ke dapur dan kamar mandi/kecil. Diikuti dengan membuat dekorasi ruangan latihan, penataan lilin, sampai penyajian bubur nasi spesial Peh Gwee Cap Go. Semua persiapan dikerjakan oleh anggota padepokan perguruan.

 

Terima kasih murid

Setiap anggota tentunya sadar bahwa perayaan Malam Purnama ini merupakan saat bagi murid berterima kasih kepada Guru atas ilmu dan bimbingan yang diberikan.

"Adalah kewajiban bagi orangtua untuk mendidik dan merawat anak-anaknya. Tapi jika seorang Guru mendidik dan membimbing murid-muridnya, itu adalah Mulia. Sebab  itulah,  sujud kepada Guru dipandang sebagai penghormatan, bukan tindakan yang berlebihan",  itulah inti perayaan Malam Purnama.

Fungsinya lebih merupakan malam renungan dan penyalaan lilin sebagai simbol kehidupan: 18 lilin Pewaris Ban, 18 lilin Pewaris  Goan,  41 lilin Warga Perguruan dan lilin-lilin cabang PGB di  Indonesia dan di luar negeri. Sejak pelaksanaan perayaan malam Bulan Purnama tahun 2000, menjadi 9 lilin sesepuh, 9 lilin penasehat dan 18 lilin dewan guru, dan lilin cabang PGB di  Indonesia dan di luar negeri. (doc. pusat)

 



Tentang Bangau Putih

Perguruan Silat Persatuan Gerak Badan (PGB) Bangau Putih berdiri sejak tanggal 25 Desember 1952. Pendiri adalah (alm) Suhu Subur Rahardja. Penerus sekarang adalah Guru Besar Gunawan Rahardja. Perguruan ini berpusat di Bogor, beralamat di Jl. Kebon Jukut No,1, Sukasari - Bogor 16142. ====================================== Persatuan Gerak Badan, (PGB) Bangau Putih, is a martial art school and community association that was founded in Bogor, West Java on December 25th, 1952 by the late Master Subur Rahardja or known as Suhu Subur. The Cent

PGB Bangau in English Selengkapnya

Info PGB Bangau Putih


Info Lainya

Berita Terbaru


Berita Lainya
Sen
Sel
Rab
Kam
Jum
Sab
Ming

Anggota Terbaru

Acep firmansyah
Adraidge
Adrian Dwiputra
agus santoso
AKBAR SUKMA YUDA
Alison Ray
amirsatiragani
andreas alexander
Andy
Andytha Ramadhani Rachel
Anggono Wisnudjati
Anthonius Rahardja
Antonius Eko Puji Atmoko
Aryo Rahadianto
basem alasker
Baso Ahmahd
Benny Mustafa
bernadsatriani
Bettysoomo
bodi ruci
Bre
BrianPoive